Perang Dunia 2 Perjudian Raja-Raja Dunia

Perang Dunia II atau PDII adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Banyak sekali negara terlibat dalam perang ini, yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan. Dua aliansi tersebut adalah  Sekutu dan Poros. Banyak yang berpendapat kalau PDII adalah perjudian penguasa dunia untuk merenggut sumber daya alam negara tetangga.

Dunia mencatat perang ini sebagai perang terbesar sepanjang sejarah dunia. Tak kurang dari 100 juta pasukandari berbagai militer. Semua kemampuan yang mereka miliki dikeluarkan, ekonomi, industry, dan ilmiah mereka keluarkan dalam perang ini. Semua kalangan terlibat dalam perang ini, mulai dari rakyat sipil sampai militer semua ikut ambil bagian. Perang yang memakan korban jiwa tak kurang dari 70 juta jiwa ini, disebut sebagai perang paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.

Pada tahun 1937, kekaisaran Jepang sudah memulai peperangan dengan Republik Tiongkok karena Jepang berusaha mendominasi Asia Timur.  Pada 1 September 1939, Jerman menginvasi Polandia, yang diikuti oleh serangkaian pernyataan perang Perancis dan Britania terhadap Jerman.

Tahun 1939, Jerman membentuk aliansi Poros bersama Italia. Saat itu mereka berhasil menguasai sebagian besar Eropa. Blok Sekutu yang dikuasai oleh Britania Raya, menjadi satu-satunya kekuatan besar untuk melawan Blok Poros. Mereka mengadakan pertempuran Atlantik dan pertempuran di Afrika Utara. Invasi poros Eropa terhadap Uni Soviet pada Juni 1941, menjadi pertanda dibukanya pagelaran perang darat terbesar sepanjang sejarah.

Pada tahun 1941, sebagian besar Pasifik Barat telah dikuasai oleh Blok Poros. Hal ini karena blok Poros telah diperkuat oleh Jepang.mereka melakukan serangan terhadap Amerika Serikat dan teritori Eropa di Samudra Pasifik.

Setahun kemudian, yaitu tahun 1942, jepang kalah oleh sekutu setelah mendapat serangan di Afrika Utara dan Stalingrad. Pada tahun 1943, Blok Poros menarik diri semua front. Hal ini karena, Amerika Serikat menang terhadap Jerman di beberapa pertempuran, seperti di Eropa Timur. Invasi sekutu ke Italia juga termasuk salah satu alasan kemunduran mereka.

Pada tahun 1944, Perancis diserbu oleh Sekutu Barat sehingga Uni Soviet  berhasil merebut kembali wilayah yang dulunya dikuasai Jerman. Penaklukan Berlin oleh Uni Soviet dan Polandia menjadi akhir dari perang di Eropa ini. Pada 8 Mei 1945 Jerman menyerah tanpa syarat.

Tahun 1944 sampai 1945, Amerika Serikat terus melancarkan serangan kepada Jepang. Amerika Serikat menyerang Angkatan Laut Jepang dan menjatuhkan bom atom di Jepang. Setelah itu Uni Soviet bergabung dengan menyatakan perang terhadap Jepang. Pada 15 Agustus 1945, Jepang menyerah kepada sekutu dan juga menjadi akhir dari Perang Dunia Kedua tersebut.

Fakta Penting Perang Dunia II

Fakta menunjukkan bahwa jauh sebelum Perang Dunia diresmikan, sebenarnya sudah ada beberapa peperangan yang terjadi, antara lain yaitu :

Invasi Italia ke Ethiopia (1935)

Perang yang terjadi pada Oktober 1935 sampai Mei 1936 ini, merupakan perang antara pasukan Kerajaan Italia dengan pasukan Kekaisaran Ethiophia. Perang ini dimenangka oleh pasukan Kerajaan Italia.

Perang Saudara Spanyol  (1935)

Perang ini sebenarnya adalah perang antara Jerman dan Uni Soviet.  Jerman  mendukung kebangkitan Nasionalis Jenderal Fransisco Franco di Spanyol, sedangkan Uni Soviet, mendukung pemerintahan Republik Spanyol. Perang ini digunakan Jerman dan Uni Soviet untuk menguji taktik perang dan senjata mereka.

Invasi Jepang ke Tiongkok

Tiongkok takluk di tangan Jepang pada Juli 1937, setelah Insiden Jembatan Marco.  Setelah kejadian itu, Uni Soviet menandatangani pakta non-agresi dengan Cina untuk mengakhiri kerja sama dengan Cina. Shanghai jatuh ke tangan Jepang setelah Generalissimo Chiang Kai Shek mencoba melawan selama tiga bulan. Setelah itu Jepang juga melakukan pembantaian Nanking pada 1937.

Invasi Jepang ke Uni Soviet dan Mongolia

Pada 29 Juli 1938, Jepang menyerang Uni Soviet akan tetapi Jepang kalah dalam pertempuran di Danau Khansan. Setelah pertempuran itu Jepang memindahkan perbatasan Jepang-Mongolia samapai sungai Khalkhin Gol melalui pemaksaandan mereka harus berkonsoliasi dengan pemerintah Soviet demi menghindari ikut campur Soviet dalam perang melawan Cina.

Untuk mencegah terjadinya kembali konflik antar negara, maka pasca Perang Dunia II, didirikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sekaligus untuk memperkuat kerja sama Internasional.

sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/World_War_II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *